Friday, August 26, 2011

Carbon Motors E7, Mobil Polisi Masa Depan

Beberapa tahun silam, di Amerika Serikat, didirikan sebuah pabrik mobil yang mengkhususkan diri pada pembuatan mobil untuk tugas-tugas keamanan dan kepolisian. Nama perusahaannya ialah Carbon Motors Corporation. Para pendirinya adalah orang-orang yang telah berpengalaman di bidang otomotif sekaligus juga kepolisian. Makanya perusahaan otomotif ini hanya mengkhususkan produksinya untuk menyuplai kebutuhan kepolisian dan badan-badan yang bergerak di bidang jasa keamanan yang menggunakan kendaraan.

Sebagai orang-orang yang telah paham benar dengan seluk-beluk produk otomotif, namun juga paham akan tuntutan-tuntutan utama dari kendaraan untuk tugas kepolisian dan keamanan, para pendiri perusahaan sangat yakin, bahwa membuat kendaraan yang dikhususkan untuk bidang keamanan dan kepolisian ini, akan menghasilkan produk yang lebih baik, lebih aman dan lebih murah, dibandingkan hanya menggunakan kendaraan komersial biasa yang dimodifikasi untuk kebutuhan keamanan dan kepolisian.
Produksi pertama Carbon Motors akan diberi nama, "The Machine" dengan julukan yang lebih populer "E-7", dengan target penjualan mulai 2012.


Spesifikasi :
Nama: E7 alias "The Machine"
Mesin: Turbo diesel yang hemat bahan bakar dan minim emisi gas buang 
Tenaga: 300 tenaga kuda dengan 420 lb-ft torque clean
Target umur kendaraan: 250.000 miles (402.500 km)


Carbon Motors Tipe E7 memiliki seluruh fitur standar yang diharuskan dan dibutuhkan sebagai sebuah mobil "Police Car" di Amerika, dengan beberapa opsi tambahan untuk mendukung kegiatan dan tugas kerja. Opsi yang menjadi standar kendaraan adalah seperti "Police Lights" yang terintegrasi dengan atap kendaraan, lampu polisi tambahan yang terintegrasi di grill depan, grill belakang dan sisi kendaraan. Dengan posisi yang terintegrasi ini, maka setiap sisi lampu dapat dihidupkan, tanpa terlihat dari sisi lainnya.
Tidak lupa juga terpasang sirene, alat komunikasi standar, lampu sorot, peralatan komputer yang terkoneksi dengan kantor pusat dan kendaraan E7 lainnya. Pintu kendaraan dibuat dalam gaya "Suicide Door", sehingga memudahkan penumpang belakang untuk memasuki kendaraan. Kursi penumpang belakang didesain sangat ramping dan simpel. Antara kabin bagian depan dan bagian belakang diberi pemisah yang terbuat dari bahan anti peluru, demi keamanan polisi dan penumpang (tersangka).
Kursi penumpang belakang dibuat dalam “one-piece Injection Moulding”, terbuat dari bahan busa dan plastik seperti layaknya bangku balap, tanpa adanya sambungan antara bagian dasar kursi dengan bagian sandaran kursi. Dengan bangku “one-piece” ini, maka tersangka tidak memiliki tempat untuk dapat menaruh atau membuang barang bukti. Kombinasi busa dan plastik sebagai bahan dasar ini, juga memungkinkan area bagian penumpang ini disiram dengan air setiap selesai bertugas. Pada bagian lantai ruang belakang disediakan lubang pembuangan air, sehingga pembersihan ruang penumpang menjadi sangat mudah sekali.
Kursi pengemudi dan kursi penumpang didesain khusus untuk aparat keamanan, yang mana pada umumnya mereka senantiasa memakai sabuk perlengkapan pengamanan yang cukup tebal (sabuk pinggang, alat bela diri, senjata, dan lain-lain).
Dengan bekal pengalaman tersebut, maka terlihat desain pada kursi bagian pinggang yang memang dikhususkan, sehingga perlengkapan tersebut tidak menggangu kenyamanan duduk di dalam kendaraan.
Tombol elektronik untuk mengaktifkan berbagai fungsi diletakkan di antara pengemudi dan penumpang, sehingga dapat di akses oleh kedua petugas. Tidak lupa, hampir semua fungsi elektronik tersebut juga dapat diaktifkan dengan perintah suara (Voice Recognition), sehingga memudahkan pekerjaan dan membebaskan fungsi tangan dan pandangan mata.
Terintegrasinya seluruh perlengkapan dan hal-hal lainnya, yang sangat terlihat pada kendaraan ini, menunjukkan bahwa kendaraan ini memang bukan merupakan kendaraan komersial yang dimodifikasi untuk kebutuhan keamanan atau kepolisian, tetapi memang suatu kendaraan yang didesain dan dibuat khusus untuk keperluan ini.
Dengan pengetahuan dan pengalaman mereka di bidang keamanan, maka E7 memiliki banyak fitur-fitur yang tidak mudah diterapkan pada kendaraan komersial yang dimodifikasi untuk kebutuhan keamanan. Seperti terintegrasinya tombol radio komunikasi di kemudi, yang membebaskan tangan dari radio komunikasi dan fungsi mata tetap pada target jalanan, sehingga pengemudi dapat lebih berkonsentrasi pada pekerjaannya.
Ini merupakan kendaraan pertama di dunia yang memang khusus dibuat untuk kebutuhan penegak hukum. Para penegak hukum yang telah mencoba kendaraan ini sangat senang, karena kendaraan ini jauh lebih bagus dan lebih aman untuk kegiatan tugas harian mereka. Semoga dengan adanya kendaraan ini mereka dapat bertugas lebih aman dan nyaman.

No comments:

Post a Comment