Friday, August 12, 2011

Gara-gara Flu Burung

Suatu hari, Harimau Taman Safari lagi suntuk. Dia lagi kepingin berkelahi. Tapi tak ada lawan di situ. Maka, dengan jengkel, ia mengaum, menantang seluruh penghuni Taman Safari. Dalam tantangannya, ia menawarkan akan memberikan jatah makannya kepada siapa saja yang bisa mengalahkannya.
“Udah lama nggak berantem, nih!” aumnya, “Ayo dong, ada yang berani berantem sama gue!” 

Tapi tidak ada yang menanggapi tantangannya itu. Bahkan singa juga enggan, soalnya dia lagi sakit gigi.
Tapi, tahu-tahu, entah dalam rangka cari penyakit, atau lagi goblok, Kucing lewat di depan si Harimau. Lagaknya cuek banget. Tentu saja Harimau keki.
“Eh, Kucing, elo mau nantang gue, ya?” gertak Harimau.
Kucing berhenti dan menoleh Harimau, kalem dia bilang, ”Sebetulnya, gue tuh gak takut sama elu. Tapi masalahnya... kan elu liat sendiri, nih. Badan gue kecil gini. Jadi, ya nggak imbang, dong. Tapi nanti, kalo badan gue udah segede elu lagi, baru deh gue ladenin lu.”
“Eh, emang badan lu bisa segede gue?” Harimau melecehkan.
“Yah, menghina lu...! Badan gue tuh aslinya segede elu gitu, tau! Tapi gara-gara gue kemaren kena flu burung, makanya badan gue jadi menciut kayak gini,” tipu Kucing.
“Ah, masak, sih?” Harimau tetap tak percaya.
“Yah, gak percaya, lu....” Kucing makin nekad bohongnya. “Malahan kemaren, waktu gue belom sembuh, badan gue tuh kecil banget. Segede burung gereja. Dan gue bersayap. Bisa terbang kayak burung. Namanya juga kena flu burung, ya begitu deh jadinya. Tapi sudah sembuh, ya sayapnya ilang lagi. Terus badan gue juga mulai jadi gede lagi, nih.”
“Ooh, gitu, Cing...?” Harimau mulai termakan oleh tipuan Kucing.
“Iya, Har,” Kucing dapat ide jahil. “Eh, elo pengen ngerasain kena flu burung, gak? Mumpung virusnya masih ada nih di badan gue. Mau, ya? Gue tularin, ya?”
“Eh, jangan, jangan!” Harimau ketakutan dan menjauhi Kucing. Dia pikir, nggak asyik banget kalau badannya menciut jadi segede kucing begitu.
“Halah, nggak apa-apa, kok. Cuma meriang-meriang dikit, jadi ciut, terus tumbuh sayap, bisa terbang deh. Mau, ya? Sekali-kalilah, Har...! Oke? Oke?” Kucing mendekatinya. Tapi Harimau terus mundur-mundur menjauh.
“Nggak, nggak, Cing! Ogah! Stop. Stop, Cing, stop!” Harimau tersudut karena di belakangnya ada pohon besar. Sementara Kucing terus mendekat. “Cing, Cing, jangan gitu dong lu....” rengek Harimau.
Kucing berhenti mendekat dan mikir. Cari untung. “Kalo gitu... gue minta makanan lu, ya? Biar gue cepet sembuh dan balik lagi segede elu.”
 “Enak aja lu! Kalahin gue dulu, baru lu boleh ambil tuh makanan gue!” sahut Harimau, masih galak.
“Ya kalo gitu, elu gue tularin flu burung dulu, deh,” Kucing mendekat selangkah. Harimau mundur selangkah, tapi bokongnya sudah mentok di batang pohon. “Nanti, kalo badan lu lagi segede gue, baru deh kita berantem. Oke?”
Harimau ketakutan. “Cing, Cing, nggak, Cing! Jangan tularin gue, Cing!”
“Ya kalo gitu, bagi gue makanan lu, dong. Supaya gue cepet sembuh...!”
“Iya, deh, ambil, ambil,” Harimau menyerah. “Tapi jangan semua, ya?”
“Hah? Elu gila, ya? Ya mana mungkinlah gue abisin. Makanan lu itu, lebih banyak dari daging yang ada di badan gue, tau!” kata Kucing. “Gue minta secukupnya ajalah.”
“Oke deh kalo gitu,” Harimau gembira.
Kucing mulai menyantap makanan Harimau yang berupa daging mentah. Hmmm, asyik juga, nih. Maka dia mikir lagi. Tak mau rugi. Mumpung ada kesempatan. “Tapi gue minta makanan lu ini tiap hari ya, Har? Sampe gue sembuh gitu,” katanya.
“Apaan? Enak aja lu!” Harimau keberatan. “Elu mau malak gue, ya?”
 “Ya bukan malak, kali,” sanggah Kucing. “Tapi ini kan supaya gue cepet sembuh. Nah, kalo gue udah sembuh, kan jadi nggak bisa nularin elu. Iya, nggak? Apa elu mending gue tularin aja?” gertaknya kemudian.
“Eh, jangan, jangan!” Harimau makin memepetkan badannya ke pohon. “Iya deh, elu boleh ikut makan makanan gue tiap hari. Tapi jangan tularin gue, ya?”
“Siiplah,” Kucing melanjutkan makannya dengan lahap.
“Terus... kapan elu sembuhnya, Cing?” tanya Harimau.
“Ya nggak tau. Terserah penyakitnya aja, kapan dia mau sembuh. Tapi, kalo badan gue udah jadi segede elu gitu, nah... itu artinya gue udah sembuh,” kata Kucing, mengakali.
“Ooh, gitu...! Iya, deh....” Harimau memandangi Kucing yang lagi melahap makanannya dengan perasaan tak rela. Sementara Kucing merasa asyik banget.
“Bakal gemuk nih gue,” pikir Kucing, gembira. “Dasar Harimau... badannya doang yang gede, otaknya keciiiilllll...!”
Tiba-tiba istri Kucing lewat bersama keempat anaknya. Mereka heran melihat Kucing lagi makan jatah makannya Harimau di depan mata yang empunya.
“Papiii...!” panggil istri Kucing, “Papi lagi ngapain di situ?”
Kucing menoleh. “Eh, kebetulan, Mami sama anak-anak. Sini, Mam!” panggilnya, lalu bilang pada Harimau. “Nah, Har, lu liat kan anak-anak sama bini gue juga jadi ciut gara-gara ketularan gue. Supaya mereka juga cepet sembuh, dan nggak nularin elu, mereka boleh ikut makan ini daging, ya?”
Harimau menyeringai. “Yah... lapar dah gue...!”