Sunday, August 21, 2011

Hamburger Paus

Mau coba hamburger paus?
Saya yakin, kita semua tahulah makanan yang namanya hamburger. Dan sudah pasti hamburger juga, yang kita kenal itu adalah setangkup roti yang di dalamnya berisi daging sapi atau ayam beserta kelengkapannya. Hamburger biasa. Namun di Jepang ada hamburger yang berbeda. Namanya Whaleburger alias Burger Paus. Sumbangan menu dalam jajaran hamburger ini diperkenalkan oleh sebuah restoran, Kujiraya, di kota Shimonoseki, sekitar 825 kilometer tenggara Tokyo. Kujiraya sendiri mempunyai arti “Tempat Paus”.

Menu ini disajikan mirip seperti burger, namun tangkupannya bukan roti, melainkan nasi. Beda, kan? Nah, burger nasi paus ini dijual dengan harga hampir 400 yen, jauh lebih mahal dibanding harga hamburger di McDonalds yang cuma beberapa puluh yen saja.
Restoran hamburger paus.
Pada masa sulit setelah Perang Dunia ke-2, dimana Jepang dipaksa menyerah dengan bom atom, paus merupakan sumber protein paling penting bagi orang Jepang. Namun setelah populasi paus menjadi makin berkurang, dan masyarakat internasional banyak mengecam perburuan paus besar-besaran oleh Jepang, hidangan daging paus kemudian menjadi makanan yang mahal dan jarang tampak pada menu makan malam keluarga. Kalaupun menu daging paus masih ada, itu pun hanya di restoran-restoran tertentu saja.

No comments:

Post a Comment