Wednesday, September 21, 2011

Piala Oscar

Patung emas berbentuk ksatria yang sedang berdiri di atas gulungan film, yang selama ini selalu diperebutkan dan menjadi dambaan setiap insan perfilman di Hollywood, yang senantiasa di gelar penganugerahannya dengan pesta meriah dan gemerlapan dalam Upacara Tahunan Academy Awards, ternyata sampai tahun 1931 belum mempunyai nama atau sebutan.
Lantas, kenapa sekarang disebut Piala Oscar?
Begini ceritanya: pada tahun 1931, Oscar Pierce, seorang petani dari Texas yang kaya, tanpa disangka-sangka “tampil”. Keponakan perempuannya adalah seorang penjaga perpustakaan pada Academy of Motion Pictures Arts and Sciences. Suatu hari ia sambil lalu mengatakan bahwa patung ksatria itu mirip dengan pamannya, Oscar.

Seorang wartawan surat kabar kebetulan mendengar komentarnya dan menerbitkan sebuah cerita, dengan menyebutkan bahwa “karyawan-karyawan memberi julukan patung terkenal itu dengan nama “Oscar”. Sejak itu nama Oscar menjadi resmi dan terus digunakan.
Pernah sekali terjadi, Oscar tidak dibuat dari logam, yaitu pada waktu Perang Perang II. Meskipun pada waktu itu Amerika kekurangan logam, piala Oscar tetap diberikan, tapi terbuat dari kayu.

No comments:

Post a Comment