Tuesday, September 20, 2011

Tipe-tipe Fesbuker

Berikut ini adalah (beberapa) tipe manusia Facebook. Termasuk yang manakah diri kita? Silakan dicek deh.

1. Manusia Super Update, kapan pun dan dimana pun update status. Statusnya nggak panjang-panjang amat, tapi bikin risih, karena hal-hal yang nggak terlalu penting juga yang dia publikasikan. Contohnya: "Lagi makan di restoran A." ; "Dalam perjalanan menuju neraka." ; "Saatnya baca koran." dan sebagainya.

2. Manusia Melankolis, biasanya dia curhat di status.  Entah karena ingin banyak diberi komentar dari teman-temannya atau hanya sekadar menuangkan unegnya ke Facebook, tapi biasanya orang tipe ini menceritakan kisahnya dan terkadang menanyakan solusi yang terbaik kepada yang lain. Contohnya: "Kamu sakitin aku, lebih baik aku cari yang lain." ; "Cuma kamu yang terbaik buat aku." ; "Terima kasih kamu sudah sayang ama aku selama ini." dan sebagainya.

3. Manusia Tukang Ngeluh, nggak pagi, nggak siang, nggak malem, nggak dikasih ujan, nggak dikasih panas, nggak dikasih uang, nggak dikasih makan, pokoknya semuanya dia keluhkan. Contohnya: "Jakarta maceeet!! Panas pula." ; "Aaaargh ujan, padahal baru nyuci mobil. Sialan!" ; "Males ngapa-ngapain. Cape hati gara-gara si doi." dan sebagainya.

4. Manusia Sombong, mungkin beberapa dari mereka nggak berniat menyombongkan diri, tapi terkadang orang yang melihatnya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalo statusnya itu kelewat sombong, dan malah bikin sebel. Contohnya: "Otw ke Paris!" ; "BMW-ku sayang, saatnya kamu mandi. Aku mandiin ya sayang." dan sebagainya.

5. Manusia Puitis.  Dari judulnya udah jelas. Statusnya selalu diisi dengan kata-kata mutiara, tapi nggak jelas apa maksudnya. Bikin kita terharu? Bikin kita sadar atas pesan tersembunyinya? Atau cuma sekadar memancing komentar? Sampai saat ini, tipe orang seperti ini masih dipertanyakan. Contohnya: "Kita masing-masing adalah malaikat bersayap satu. Dan hanya bisa terbang bila saling berpelukan." ; "Mencintai dan dicintai adalah seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi." ; "Jika kau hidup sampai seratus tahun, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah hidup tanpamu." dan sebagainya.

6. Manusia in English, tipe manusianya bisa seperti apa saja, apakah melankolis, puitis, sombong dan sebagainya. Tapi dia berusaha lebih keren dengan mengatakannya dalam bahasa Inggis, gicyu low. Contohnya: "Tie and Chair. (Teh encer)" ; "I can tooth, you pink sun. (I kentut you pingsan)" dan sebagainya.

7. Tipe Obsesi. Ngarep tapi nggak kesampaian. Pengen jadi artis gak dapat-dapat, dan lain-lain.  Contohnya: "Duwh... sesi pemotretan lagi! Cape."

8. Tipe Sok tau. Sotoy tenarnya. Contohnya: "Pemerintah selalu memanjakan rakyatnya. Bla bla bla  padahal gak tau apa yang ditulis.

9. Tipe Bioskop Mania. Update film yang abis ditonton dan kasih comment. Contohnya: "ICE AGE3. Recomended!"

10. Tipe pedagang. Contohnya: "Jual sepatu bla bla bla."

11. Tipe penyuluh masyarakat. Contohnya: "Jangan lupa dateng ke TPS, 5 menit untuk 5 tahun bla bla bla."

12. Tipe Pengguna Facebook Tipe Kaskuser baru online, "PERTAMAXXXX GAN!" 5 menit kemudian, "Kalo berkenan cendolnya donk gannn." 1 jam lagi, "Aduh sial gagal pertamax di trid sendiri."  beberapa jam lagi, "YES GW UDAH ISO 2000." Trus nawarin, "Bagi-bagi cendol gratis di kaskus ngerayain ISO." Kalo online pagi-pagi enaknya ngaskus.  Telat bangun pagi-pagi nyalain komputer ngaskus lagi. Dan masukan lain yang tentunya jadi status of the year.

13. Tipe Manusia Alay (nggak jelas maunya apa). Ada berbagai macam versi, dari tulisannya yang aneh, atau tulisannya biasa aja, hanya saja kosakatanya nggak lazim. Ato mungkin ada yang fusion.
Alay 1 : "DucH Gw4 5aYan9 b6t s4ma Lo.7aNgaN tin69aL!n akYu ya B3!bh..!!"
Alay 2 : "km mugh kog gag pernach ngabwarin aq lagee seech? kmuw maseeh saiangs sama aq gag seech sebenernywa? "
Alay 3 : "Ouh mY 9oD..!! kYknY4w c gW k3ReNz 48ee5h d3ch..!!" (Khusus buat tipe ini, gak usah di baca juga nggak apa-apa.  Saya pribadi juga mikir dulu buat nulis ini, walaupun jadinya kurang mirip sama yang aslinya.)

14. Tipe Hidden Message.  Tipe ini biasanya gak to the point, tapi tentunya punya niat biar orang yang dituju membacanya. Bagus kalo baca, kalo nggak? Kelamaan nunggu, padahal langsung aja sms ya. Contohnya: "For you my M***, I can't live without you. You are my bla blabla." ; "Heh, cewe
bajingan. Ngapain lo deket-deketin cowok gw?! Kayak ga laku aja lo." (padahal cewek tersebut gak jadi friend-nya. Mana bisa baca?)

15. Tipe Misterius, tipe yang biasanya bikin banyak orang bertanya-tanya atas apa maksud dari status orang tersebut. Biasanya dalam suatu kalimat membutuhkan Subjek + Predikat + Objek + Keterangan. Tapi orang tipe ini mungkin hanya mengambil beberapa atau malah hanya 1 saja. Dan pastinya mengundang kontroversi. Contohnya: "Sudahlah." Atau, "Telah berakhir." (apanya?) "Termenung."

16. Tipe Riya/pamer (selalu ngomong ke penjuru dunia kalo dia lagi ibadah biar dikata alim), setiap kegiatan ibadahnya selalu di-update, seperti: "Brrrrr, midnight gini ambil air wudhu dulu aahh, tahajjud, yuuukk marreeee." Atau, "Sahur, sahur. Dah hari Senin lagi, alhamdulillah." Kadang-kadang pake 'yiha' pula tuh. misalnya, "Yiihhaaa, akhirnya Adzan Maghrib, buka puasa dulu, coy!!”
Come on.

No comments:

Post a Comment