Wednesday, September 21, 2011

Orang Penting

Kita seringkali mengasosiasikan sebutan orang penting dengan sosok publik figur seperti politisi yang sedang berkuasa, atau boss konglomerat, atau atlit berprestasi, artis ternama, atau semua yang kita golongkan selebritis. Padahal kenyataannya, setiap orang adalah orang penting apabila ia menjalankan fungsinya sebagai bagian dari kehidupan. Karena setiap bagian dari kehidupan adalah penting. Tidak ada yang lebih penting dari yang lain. Semua fungsi setara, seperti setiap bagian dari sebuah mesin. Kita sebagai bagian dari kehidupan sesungguhnya sama pentingnya dengan wajah-wajah yang bermunculan di layar televisi atau sampul majalah. Demikian juga pentingnya orang-orang di sekitar kita.

Rumus dasar dari penciptaan alam semesta adalah bahwa setiap bagiannya adalah pelengkap dari keseluruhannya. Begitu pun dengan manusia sebagai bagian dari alam semesta ini. hakikatnya, setiap orang memiliki sesuatu yang bisa disumbangkan pada kehidupan. Setiap orang bisa membuat perbedaan bernilai positif. Setiap orang memiliki hal yang khas di dunia ini. dan setiap orang memerlukan hidupnya  menjadi semakin bernilai. Itu yang membuat setiap orang menjadi penting. Tentu ada orang yang berhasil menjadi sumber inspirasi orang lain, yang mampu memimpin orang lain, yang mau melayani orang lain, yang mengajari orang lain. Namun  mereka juga tidak lebih penting dari orang lain. Karena mereka melakukan itu dengan diawali oleh kesadaran bahwa hidup mereka penting, dan menjadi lebih penting lagi saat mereka memerlukan orang lain.
Orang-orang penting memang selalu ada di sekeliling kita. Mereka memiliki potensi yang luar biasa, sama seperti kita. Maka, mari kita kenali dan hargai potensi yang ada pada mereka, dan juga pada diri kita sendiri. Namun, sertai juga hal itu dengan tindakan nyata, yaitu menjadikan mereka orang-orang penting, agar kita pun dianggap orang penting.

No comments:

Post a Comment