Sunday, September 11, 2011

Waktu Preman Mati

Alkisah, ada seorang preman yang mati karena kebanyakan minum minuman keras di lokasi perjudian, sehingga dalam penguburannya tidak ada yang mau mengantar, kecuali keluarganya yang semuanya juga preman dan penjahat.
Sahabat karib preman yang mati tersebut juga ikut mengantar ke kuburan walaupun dalam keadaan mabuk berat. Waktu mayat diturunkan ke dalam kuburan, Sang Sahabat turun ke dalam lubang kuburan untuk menerima mayat temannya, kemudian setelah selesai meletakkan jensah temannya, dengan sedih dia mengatakan kalimat perpisahan:

“Jack... sssoorri, gue kagak bisa ngazanin elo, gue lagi fly beraat nih soalnye. Cuman... gue pesen aja ama elo, kayak yang diajarin ustad waktu kite masih kecil dulu. Elo dengerin yang bener ye. ‘Ntar kalo kite-kite yang nganter udah pergi dari sini, bakalan ada malaikat yang dateng nanyain elo. Kalo kagak salah, ada tiga pertanyaan.” Si Sahabat memegang keningnya, sambil melihat ke atas, berusaha mengingat.
“Kalo kagak salah... pertanyaan pertama, kalo die nanya siape Tuhan lo, elo jawab aje... Alloh, gitu.” Dia mikir lagi. “Pertanyaan keduanye... kalo kagak salah juga nih, die bakal nanya siape Nabi lo, nah, elo jawab aje Muhammad. Eh, biar elo kagak lupa... elo bisa inget-inget aje ama si Mamat yang baru kita gebukin kemaren. Okeh?”
Kali ini Si Sahabat mikirnya agak lama. "Pertanyaan ketiga.... (bengong lama, sambil nyengir-nyengir dan garuk-garuk kepalanya yang berambut gondrong dan kusut) aduuuuhhh... sori banget nih Jack... gue kagak bisa inget pertanyaannye yang ketiga.” Angkat tangan, menyerah. “Tapi gini aje deh, Jack. Kalo elo udah jawab dua pertanyaan dan die masih nanya yang macem-macem lagi, lo hajar aje die, abis perkara dah....”

2 comments:

  1. Silakan, Om. Mudah-mudahan bisa menghibur mereka yang lagi suntuk.

    Dan terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete