Sunday, September 18, 2011

Laba-laba Dalam Dunia Maya

Anda pernah mengunjungi dan menggunakan search engine yang bernama Lycos? Bagi Anda yang belum paham dengan istilah search engine (karena baru bergabung dalam masyarakat dunia maya atau internet), ini adalah “makhluk” yang sering kita gunakan dalam mencari alamat website atau blog atau portal atau bahkan gambar/foto. Saat ini, search engine yang paling terkenal adalah Google dan Yahoo!. Anda pernah menggunakannya, kan? Nah, Lycos ini satu spesies dengan mereka. Tapi pertanyaannya, apa sih arti Lycos itu?

Ternyata, Lycos adalah potongan dari nama hewan, tepatnya nama laba-laba. Lycos merupakan potongan dari nama “Lycosidae”, yaitu nama keluarga laba-laba yang dapat bergerak dangat cepat. Tapi mengapa nama laba-laba yang digunakan untuk menamai mesin pencari ini? Karena ternyata, Lycos ini menggunakan teknologi “spider” untuk menjelajah website (jaring-jaring situs). Dan spider di sini adalah terminologi internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu per satu. Tapi lucunya, maskot yang digunakan Lycos justru adalah seekor anjing.
Laba-laba lain yang juga terkenal di internet adalah Inktomi, yaitu “spider” yang dipakai sebagai search engine oleh Hot Bot. Inktomi ini adalah nama spesies laba-laba asal Amerika Selatan, yang sekalipun berukuran kecil, namun terkenal cerdik.

No comments:

Post a Comment