Friday, November 4, 2011

Apartemen Hewan

KALAU manusia membangun pencakar langit dengan gaya arsitektur hebat, indah, spektakuler, canggih, rasanya kita tak perlu terlalu heranlah. Soalnya kita ini, manusia, 'kan telah dilengkapi dengan akal-budi oleh Tuhan. Dan lagi, mereka yang bikin itu 'kan memang disekolahkan buat bikin yang begituan. Jadi, wajar-wajar saja, 'kan? Nah, tapi kalau binatang bisa membangun rumah tinggalnya dengan teknologi yang sederhana tapi luar biasa, indah, spektakuler, dan canggih, baru deh kita layak merasa takjub. Soalnya, mereka 'kan tanpa sekolah untuk bisa melakukan itu. Cuma berbekal naluri.

Nah, berikut ini adalah sebagian kecil dari karya para hewan yang mengagumkan itu. Silakan disimak....

Sarang Burung Penenun
Burung penenun membangun sarang permanen pada pohon, atau objek lainnya, yang tinggi. Sarang ini akan cukup besar untuk rumah bagi puluhan keluarga burung, dan berisi beberapa generasi sekaligus. Sarangnya yang sangat terstruktur memberikan burung rasa yang lebih nyaman dibanding kondisi di luar. Pusat kamar tetap panas, dan digunakan untuk malam hari serta mengerami telur. Bagian luar ruangan digunakan untuk berteduh pada siang hari.


Sarang Semut
Komplek sarang semut dibangun oleh banyak anggota koloni. Sarang semut biasanya dibangun di bawah tanah atau di atas pohon. Sarang semut ini dapat ditemukan di dalam tanah, di bawah batu atau kayu, dan di dalam batu berongga. Bahan yang digunakan untuk membangun sarang itu adalah tanah dan tanaman. Sarang semut selalu dijaga ketat, jadi, jangan coba-coba mengganggunya.

Bendungan Berang-berang
Bendungan Berang-berang dibuat sebagai perlindungan terhadap predator, seperti coyotes, serigala, serta beruang, dan juga untuk memberikan kemudahan akses ke makanan, selama musim dingin. Berang-berang selalu bekerja di malam hari dan produktif membangun, membawa lumpur dan batu, sedangkan bagian depannya dipagari dengan kayu yang dipotong dengan giginya.

Karena itu, menghancurkan sebuah bendungan Berang-berang tanpa mengeluarkan Berang-berangnya adalah sulit, terutama apabila bendungan pada bagian hilir adalah sebuah penginapan yang aktif. Karena Berang-berang dapat membangun kerangka bendungan dalam semalam.


Sarang Lebah Madu
Lebah madu merupakan salah satu spesies dari lebah yang membangun sarangnya dengan lilin yang berasal dari nektar bunga, yang lalu diproduksi menjadi lilin oleh tubuh lebah sendiri. Dari zaman ke zaman, sarang lebah ini banyak digunakan oleh manusia, dan juga hewan, karena memang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan makhluk lain.

Sarang Rayap
Rayap pekerja adalah kelompok yang bertugas membangun dan mempertahankan sarang koloni mereka yang bentuknya seperti rumah. Sarang rayap adalah struktur rumit yang dibuat dengan menggunakan campuran antara tanah, lumpur, kayu yang dikunyah/ selulosa, dan air liur. Sarang rayap terdiri dari terowongan seperti galeri yang efektif memberikan udara dan mengontrol keseimbangan CO2/O2, serta memungkinkan untuk memindahkan rayap melalui sarang.

Sarang rayap biasanya dibangun di bawah tanah, dalam potongan-potongan kayu besar, pohon-pohon tumbang, di dalam atau di puncak pohon. Beberapa spesies membangun sarangnya di atas tanah, dan dapat berkembang menjadi gundukan yang menakjubkan.


Katak Pohon
Seperti namanya, katak ini biasanya ditemukan di tempat yang sangat tinggi, yaitu pohon dan tumbuh-tumbuhan yang tinggi. Mereka biasanya tidak turun ke tanah, ketika bertelur mereka membangun sarang telur dari busa pada daun. Selama hidupnya, sejak telur hingga menjadi katak dewasa, mereka jarang sekali meninggalkan pohon.

Sumber: www.strano66.blogspot.com