Friday, November 25, 2011

Detox Alami Tubuh

AKHIR-AKHIR ini, kita seringkali diasupi informasi mengenai upaya-upaya detoksifikasi, baik dengan menggunakan alat tertentu, atau malah dengan mengeluarkan darah dari tubuh, supaya timbunan racun dalam tubuh kita keluar. Padahal sebenarnya, secara otomatis tubuh kita selalu melakukan detoksifikasi secara alamiah dan otomatis, setiap hari, pada malam hingga pagi hari. Dan hasilnya, ialah buang air kecil dan air besar pada pagi hari.

Oleh karena itu, Dr. Lily G. Karmel MA mengingatkan. "Hindarilah tidur terlalu malam, dan bangun terlalu siang. Karena hal itu bisa memberi kontribusi buruk dalam proses pembuangan racun di dalam tubuh."
Supaya proses pembuangan racun atau detoksifikasi yang berlangsung pada malam hari bisa berjalan optimal, maka kita wajib mengetahui jadwal biologis tubuh kita dalam melakukan detoksifikasi ini. Nah, berikut ini adalah jadwalnya:

Pukul 21.00 - 23.00 adalah proses detoxin atau pembuangan racun pada sistem antibodi kita, yaitu kelenjar getah bening. Pada saat itu, apabila tubuh masih bekerja (kondisi tidak santai), maka akan berdampak negatif pada tubuh dalam jangka waktu panjang. Oleh karena itu, upayakan agar tubuh melalui proses itu dengan tenang, yaitu dengan bersegera tidur.

Pukul 23.00 - 01.00 adalah saatnya proses detoxin di hati, dan tubuh harus dalam keadaan tidur.

Pukul 01.00 - 03.00 waktunya proses detoxin di empedu, dan tubuh harus dalam keadaan tidur pulas.

Pukul 03.00 - 05.00 merupakan proses detoxin di paru-paru. Umumnya, akan terjadi batuk hebat bagi penderita batuk, karena pembersihan telah mencapai saluran pernapasan. Akan tetapi, jangan meminum obat batuk, agar tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Pukul 03.00 - 05.00 juga merupakan waktunya proses detoxin pada usus besar, makanya kita harus membuang kotoran melalui buang air besar.

Pukul 07.00 - 09.00 adalah saatnya badan kita melakukan penyerapan gizi makanan, yaitu melalui usus kecil. Jadi, sebaiknya kita harus sarapan dengan makanan yang kaya gizi dan serat.