Thursday, November 17, 2011

Jerawat! Sebab dan Pencegahannya

Jerawat itu seperti rumput bagi tanah. Di mana ada tanah, di situ akan tumbuh rumput. Memang tidak selalu, sih. Tapi bisa dikatakan umumnya demikian. Begitu pula dengan jerawat. Tak ada wajah yang benar-benar bisa lolos dari ancaman jerawat. Terlebih sekarang, dimana faktor pemicu tumbuhnya jerawat sangat banyak dan sulit kita hindarkan. Nah, kalau sekali dua kita harus jerawatan, ya diterima saja dengan sabar, walaupun sambil jengkel setengah mati. Lha memangnya mau bagaimana lagi?

Untuk berusaha mencegah datangnya si jerawat itu, maka haruslah kita memahami faktor-faktor yang menjadi pemicunya, seraya rajin pula melakukan perawatan secara rutin dan teratur. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sehubungan dengan masalah jerawat. Silakan disimak.

10 pemicu tumbuhnya jerawat:

1. Sinar matahari: Sedikit paparan sinar matahari pada awalnya akan meningkatkan kondisi kulit. Namun, manfaatnya itu bersifat sementara. Karena sinar matahari akan menyebabkan kulit jadi mengering dan lebih cepat melepaskan sel-sel tua. Dan selanjutnya, kulit yang kering itu akan memproduksi minyak ekstra, yang bercampur dengan sel-sel kulit mati, yang akan menutup pori-pori, sehingga meningkatkan komedo dan membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk.


2. Suplemen vitamin: Hindarilah suplemen dengan yodium dalam jumlah yang lebih besar dari standar 120-150 mg. Meskipun jumlah yodium normal belum terbukti memperburuk kulit, namun jumlah yang lebih besar dari standar akan dapat memperburuk jerawat.

3. Mencuci muka secara berlebihan: Mencuci muka memang perlu, agar wajah bersih dan segar. Namun bila berlebihan seringkali dapat menyebabkan iritasi pada kulit, tidak memberikan manfaat lebih lanjut, dan bahkan dapat menyebabkan jerawat jadi bertambah. Maka, membatasi mencuci muka tidak lebih dari dua sampai tiga kali sehari adalah lebih sehat.


4. Bakteri: Mulailah melakukan beberapa kebiasaan yang sehat, untuk menjaga kulit agar bebas dari bakteri dan kotoran, yang menyebabkan jerawat. Penting diingat, jangan memegang atau memencet jerawat. Karena hal itu akan membuat bakteri jadi masuk lebih dalam ke dalam kulit. Juga jangan menggosok tangan Anda pada kulit wajah — ini dapat menyebabkan iritasi dan menimbulkan lebih banyak bakteri.

5. Olahraga: Berkegiatan sehat haruslah dilakukan dengan cara yang sehat pula. Jadi, jangan mengenakan mak up pada saat berolahraga. Karena hal itu merupakan salah satu penyebab utama tumbuhnya jerawat tumbuh. Sehatkan tubuh Anda dengan olahraga, dan sehatkan pula wajah Anda agar bisa bersentuhan langsung dengan udara segar.


6. Makanan: Perhatikan selalu makanan kita. Maka, makanlah hanya makanan yang seimbang, yang kaya akan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan juga rendah lemak. Karena makanan-makanan itu akan dapat membantu membuat kulit Anda menjadi terlihat lebih menawan.

7. Hindari lanolin: Barangkali Anda baru mendengar istilah ini. Karena itu, mari kita cari tahu, apa sih lanolin ini? Lanolin itu berasal dari kata "lana" untuk wol dan "oleum" untuk minyak. Maka, lanolin ini tak lain adalah zat lemak yang diperoleh dari wol domba. Meskipun emolien dikenal dengan sifat pelembap, itu dapat menyumbat pori-pori kulit, yang akan memicu siklus jerawat.


8. Parfum: Barangkali Anda sudah tahu mengenai ini, akan tetapi mungkin juga belum. Maka, mari kita bahas saja mengenai peran parfum terhadap jerawat. Langsung saja. Parfum yang dapat meningkatkan infeksi jerawat ialah parfum buatan, yang dibuat melalui percampuran bahan kimia. Selain itu, parfum buatan juga bisa meningkatkan kepekaan kulit dan juga menjadikannya sensitif terhadap sinar matahari.

9. Jangan pernah memecahkan jerawat: Mengapa? Karena banyak yang terjadi di bawah permukaan kulit ketika jerawat tumbuh. Nanah terbentuk bersama dengan sel-sel kulit mati, dan dinding folikel meregang serta sangat tipis. Jika Anda menekan folikel pada titik ini, maka dinding folikel bisa pecah dan menyebarkan nanah ke jaringan sekitar yang mendasarinya. Dalam upaya untuk menyembuhkan daerah itu, maka tubuh meningkatkan  sistem kekebalan. Hal itu bagus, akan tetapi memiliki efek samping, yang salah satunya adalah reaksi menghancurkan jaringan sehat, sehingga meninggalkan bekas luka.


10. Minyak mineral: Minyak mineral memang tidak mengundang komedo, akan tetapi merupakan sesuatu yang secara fisik menahan keluarnya air dari dalam lapisan kulit. Masalahnya adalah, hal itu secara efektif dapat menutup folikel yang mencegah minyak kulit dan sisanya muncul di permukaan. Minyak ini biasa digunakan dalam banyak produk, namun telah terbukti dapat menyebabkan dan memperburuk jerawat.

Nah, setelah memahami apa-apa saja yang bisa memicu tumbuhnya jerawat, sekarang mari kita simak mengenai cara merawat kulit yang baik, benar, dan tepat. 

Tip perawatan kulit yang baik:


Pembersihan: Pastikan untuk membersihkan kulit dua kali sehari, yaitu pada malam dan pagi hari. Yang pertama, harus dengan minyak pembersih, yang akan menghapus make-up dan tabir surya serta sisa-sisa minyak lainnya. Yang kedua, proses pembersihan bagian dalam kulit, yaitu dengan menggunakan pembersih antibakteri yang mengandung asam salisilat, menthol, dan minyak tea tree.

Pengelupasan: Kulit berjerawat memproduksi sel-sel kulit mati lima kali lebih banyak daripada kulit normal, ini berarti pengelupasan kulit dapat memberikan hasil yang bagus untuk jerawat. Maka carilah 1-2 persen asam salisilat yang terkandung dalam pelembap dan pembersih, untuk memberikan efek antibakteri yang besar, dan juga mengurangi tersumbatnya folikel. Sulfur dan papain juga antibakteri dan pengelupas yang bermanfaat. Hindari skrub fisik dengan biji-bijian di dalamnya, karena akan memperburuk kulit.


Pencegah minyak berlebih: Hindari toner berbasis alkohol, karena cairan itu hanya akan mengikis perlindungan kulit. Sebaiknya, carilah pembersih dengan bahan dasar lempung dan masker untuk menyerap minyak berlebih, dan pelembap dengan microsponges,  untuk mempertahankan penampilan sepanjang hari.

Kontrol bakteri: Mengontrol bakteri akan membantu mengurangi peradangan dan munculnya nanah. Maka sebaiknya, selalu gunakan produk perawatan yang mengandung asam salisilat, minyak tea tree, sulfur, zinc glukonate, dan gunakan pelembap.