Wednesday, November 9, 2011

Hewan Paling Berbahaya

SEBENARNYA, hewan apa pun, karena sebab-sebab tertentu, bisa jadi berbahaya. Dan faktor itulah yang menyulitkan kita untuk menentukan faktor utama yang bisa kita jadikan patokan untuk menentukan mana hewan yang paling berbahaya. Kita bisa saja mempertimbangkan bahwa kucing kita sendiri berbahaya, namun tentu saja sama sekali tidak dapat dibandingkan dengan berbahayanya beberapa binatang seperti beruang. Hewan bisa marah ketika melindungi anak-anak mereka, atau jika ada yang melanggar teritorinya, atau di saat mereka sedang lapar. Ukuran yang akan kita gunakan dalam menentukan berbahaya-tidaknya suatu hewan, ialah besarnya kematian yang diakibatkan oleh hewan tersebut. Jadi, ukuran hewan itu sendiri tidak menentukan tinggi tingkat bahayanya. Mari kita mulai dari urutan yang kurang berbahaya dibanding 9 yang lainnya:

10. Beruang
Beruang seperti Yogi Bear, memang beruang bisa menjadi teman baik kita, dan kita bisa berpelukan dengannya dengan aman. Tapi di alam liar, kita tak mungkin melakukan hal yang sama dengan beruang. Karena di alam liar, kalau kita bertemu dengan beruang satu lawan satu, itu bisa jadi hari naas kita. Oleh karena itu, kita tempatkan beruang sebagai hewan berbahaya di urutan ke-10.
Kematian akibat beruang per tahun: 5-10 orang.
9. Hiu
Sebagai anak-anak, sebagian besar kita pasti dibesarkan untuk menjadi takut kepada hiu. Dan film-film tentang keganasan ikan hiulah yang menjadi penyebabnya, sehingga kita membenci hewan yang tak berdosa itu. Padahal hiu tak sejahat seperti yang digambarkan di film-film itu. Akan tetapi, sebagai hewan liar, mereka memang bisa jadi sangat berbahaya. Jadi, ya kita sebaiknya tak menganggapnya remeh.
Kematian akibat hiu per tahun: 100 orang.
8. Ubur-ubur
Ada dua pandangan dominan mengenai ubur-ubur. Yang satu, menganggapnya sebagai hewan yang menjijikkan karena bentuknya yang seperti lendir. Yang kedua, menganggap ubur-ubur sebagai hewan menarik karena makhluk ini memang terlihat menarik saat berenang. Namun orang yang mengenal atau pernah berurusan dengan ubur-ubur, pasti akan mengatakan bahwa hewan ini cukup berbahaya. Minimal, ubur-ubur akan menyebabkan kita menderita gatal-gatal bila menyentuhnya. Ada jenis ubur-ubur yang bisa mematikan bila kita kena sengat tentakelnya. Nah, karena itulah makhluk ini ditempatkan sebagai hewan berbahaya yang ke-8.
Kematian akibat ubur-ubur per tahun: 100 orang.
7. Kuda Nil
Hewan berbadan besar yang lebih banyak hidup di air ini, umumnya hidup di kawasan Afrika. Dengan melihat ukuran badannya dan mulutnya yang bisa membuka selebar hampir semeter setengah, dan bisa menghancurkan mangsa dengan kekuatan rahangnya yang kuat, siapa pun pasti setuju untuk menempatkan makhluk ini sebagai hewan berbahaya di urutan ke-7.
Kematian akibat kuda nil per tahun: 100-150 orang.
6. Gajah
Meskipun hewan besar ini memiliki penampilannya yang ramah dan kepandaian yang mengagumkan, namun gajah juga diketahui suka menyerang dengan tanpa peringatan. Bahkan, hewan ini bisa juga membunuh penjaga kebun binatang yang telah dikenalnya selama 15 tahun. Dengan ukuran badan dan bobotnya, serta kekuatan belalai dan gading/taringnya yang besar, yang pastinya akan dengan mudah melumpuhkan korbannya, membuat makhluk ini amat layak untuk ditempatkan sebagai hewan berbahaya pada urutan ke-6. 
Kematian akibat gajah per tahun: 300-500 orang.
5. Buaya
Hewan ini hampir ada di semua tempat di seantero bumi, dan sama berbahayanya. Buaya adalah salah satu hewan berbahaya di air dan juga di darat. Di air, dia bisa mencaplok korbannya yang lengah dengan kecepatan yang sulit dielakkan. Rahangnya yang sangat kuat adalah jaminan betapa berbahayanya hewan ini. Mangsa yang tergigit buaya, besar kemungkinan tak akan bisa lolos dari maut. Dan hal itulah yang membuat makhluk ini patut kita nobatkan sebagai hewan berbahaya di urutan ke-5.
Kematian akibat buaya per tahun: 600-800 orang.
4. Kucing Besar
Keluarga kucing besar seperti singa, harimau, dan macan adalah hewan-hewan yang sangat berbahaya. Mereka sangat cepat dalam memburu mangsanya, dan juga sangat kuat cakaran dan gigitannya. Maka mangsa yang telah berhasil diterkamnya tak akan ada ampun lagi, pasti tewas. Karena reputasinya itu, tentunya amat pantaslah kalau keluarga kucing besar ini kita posisikan sebagai hewan berbahaya di urutan ke 4.
Kematian akibat kucing besar per tahun: 800 orang.
3. Kalajengking
Hewan ini memang tak lebih besar dari ukuran tangan kita. Namun kalajengking memiliki sengatan berbisa yang bisa menyebabkan kematian. Dan reputasi itu sudah dikenal di mana-mana, sehingga banyak orang yang takut pada hewan kecil ini. Dan reputasinya dalam menyebabkan kematian itu harus kita perhitungkan benar-benar dengan menempatkannya sebagai hewan berbahaya pada urutan ke-3.
Kematian akibat kalajengkin per tahun: 800-2.000 orang.
2. Ular berbisa
Ada lebih dari 450 spesies ular berbisa di dunia ini, dan 250 di antaranya mampu membunuh seorang laki-laki dalam waktu yang relatif cepat. Dan kemampuan membunuhnya itulah yang membuat kebanyakan kita sangat takut pada ular, tak peduli ia berbisa atau pun tidak. Karena kemampuan membunuhnya itulah kita harus menempatkan binatang melata ini sebagai hewan berbahaya pada urutan ke-2.
Kematian akibat ular per tahun: 50.000 - 125.000 orang.
1. Nyamuk
Tiba pada penentuan hewan paling berbahaya di dunia, kita seperti dijerumuskan pada sebuah anti-klimaks. Karena harapan kita untuk menemukan binatang buas paling berbahaya di dunia ternyata tidak bisa tercapai. Karena ternyata hewan yang paling banyak membunuh manusia bukanlah binatang buas, melainkan adalah serangga yang selama ini akrab dengan kita, yaitu nyamuk. Memang tidak semua nyamuk. Namun bagaimana kita tahu bahwa makhluk kecil ini bisa membahayakan kita atau tidak, karena dia begitu kecil dan baru kita ketahui 'serangan'nya setelah dia menggigit dan menghisap darah kita. Nah, padahal melalui gigitannya itulah dia menyebarkan berbagai penyakit yang bisa mematikan. Malaria, demam berdarah, kaki gajah, demam kuning, dan virus west nile, adalah beberapa penyakit yang umum disebarkan oleh serangga ini. Reputasinya membunuh manusia lewat penyebaran virus dan penyakit itulah maka kita tak bisa menolak untuk menobatkan nyamuk sebagai hewan berbahaya di urutan ke-1. Jreng... inilah hewan paling berbahaya di dunia itu: Nyamuk.
Kematian akibat gigitan nyamuk per tahun: 2 - 3 juta orang.