Monday, November 28, 2011

Jalan yang Tidak Biasa

Steepest Street, Selandia Baru
SELALU ada yang istimewa di dunia ini. Tergantung bagaimana kita menilainya, dan cara kita memandangnya. Hal sepele yang selama ini kita anggap biasa saja, akan menjadi tidak biasa apabila diungkapkan keunikan atau keistimewaannya, yang selama ini tersembunyi. Juga jalan yang mungkin setiap hari kita lewati, namun belum kita ketahui riwayat atau keistimewaannya. Nah, sebagai contoh, berikut ini adalah 10 jalan yang dianggap unik atau istimewa.


Savor Court
1. Di Selandia Baru ada sebuah jalan yang diklaim sebagai jalan yang paling curam di dunia. Steepest Street nama jalan itu. Barangkali di bagian dunia yang lain ada jalan yang lebih curam, namun belum ada orang yang mengabarkannya, sehingga belum diketahui oleh masyarakat dunia lainnya. Jadi, silakan dlihat sendiri gambar Steepest Street itu, di atas.

2. Seperti sama kita ketahui, bahwa pada umumnya orang-orang di Inggris selalu berjalan di sebelah kiri, sama halnya seperti kita di Indonesia - yang juga berjalan di sebelah kiri, tidak seperti di Amerika dan Eropa lainnya, yang umumnya berjalan di sebelah kanan. Tetapi ada satu jalan di Inggris yang mewajibkan pengendara agar berjalan di sebelah kanan, yaitu di Savor Court ini.


The Magic Roundabout
3. Di Inggris ada sebuah bundaran yang dianggap sebagai bundaran paling buruk. The Magic Roundabout namanya. Bundaran ini dibangun pada tahun 1972, dan bundaran itu memiliki 5 bundaran kecil di sekelilingnya. Dan kalau kendaraan memasuki bundaran yang kecil, maka kendaraan harus berjalan memutar ke arah yang berlawanan dengan putaran jarum jam, yang artinya juga berlawanan dengan arah jalan kendaraan umumnya di Inggris bila menempuh bundaran - yaitu searah dengan jarum jam.
Lombard Street
Mengapa begitu? Karena kendaraan yang berjalan di bundaran yang besar berjalan searah putaran jarum jam, maka kendaraan yang berjalan di bundaran yang kecil harus berjalan ke arah putaran yang berlawanan dengan putaran jarum jam. Sebab bila berjalan searah putaran jarum jam, maka kendaraan yang mengitari bundaran yang kecil akan bertabrakan, muka dengan muka, dengan kendaraan yang berjalan mengitari bundaran yang besar.

4. Kita di Indonesia, mengenal beberapa wilayah yang dianggap memiliki jalan berkelok paling fenomenal. Seperti Kelok 44 (kelok ampek puluh ampek) di Sumatera Barat, Alas Roban di Jawa Tengah, Puncak di Jawa Barat, dan masih banyak lagi di wilayah-wilayah berbukit atau pegunungan. Namun di dunia, ada satu jalan yang diakui paling berkelok, yaitu Lombard Street, di Amerika Serikat. Anda bisa saksikan sendiri, pada foto, betapa berkeloknya jalan itu


9 de Julio Avenue
5. Ngomong-ngomong soal jalan, pastinya kita juga harus membicarakan jalan paling lebar di dunia. Di mana jalan itu berada? Dan apa namanya? 9 de Julio Avenue, nama jalan itu. Dan adanya di negerinya Maradona, Argentina. Jalan itu diklaim sebagai jalan paling lebar di dunia. Jalan itu mempunyai 6 jalur pada masing-masing arahnya. Itu pasti jalan yang sulit untuk diseberangi.


Jalan beraspal tertua
6. Boleh percaya boleh tidak, peradaban bangsa Mesir memang telah maju sejak zaman dahulu kala. Hal itu terbukti dengan adanya jalan beraspal yang telah dibangun pada 4600 tahun silam, yang memiliki lebar 6,5 kaki. Jalan itu menghubungkan ke Quarries Soutwest dari Kairo, ke dermaga di Danau Moeris, yang terhubung ke Sungai Nil. Jalan ini dulunya digunakan untuk mengangkut batu-batuan untuk membangun Piramid Giza.


Parliament Street
7. Kalau di negerinya Maradona, Argentina, ada jalan paling lebar di dunia, di Inggris sebaliknya, ada jalan paling sempit di dunia. Parliament Street namanya. Jalanan itu memang betul-betul sempit, sehingga sepeda motor pun pasti akan sangat kesulitan untuk menempuh jalan itu, karena lebarnya hanya 0,64 meter. Bahkan dua orang pejalan kaki akan mengalami kesulitan kalau berpapasan di jalan itu.

8. Kalau Anda seorang yang suka bertualang atau bepergian jauh, barangkali Anda ingin suatu hari akan bisa menempuh jalan ini. Pan-American Highway ini berada di Benua Amerika, yang menjalar dari Amerika Selatan hingga ke Amerika Utara. 

Pan-American Highway
Panjang jalan ini 48.000 kilometer atau 29.800 mil. Karena demikian panjangnya, sehingga jalan ini menjadi penghubung 15 negara yang dilaluinya, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Peru, Argentina, dan El Salvador. Dan karena karena itulah maka jalan ini diklaim sebagai jalan terpanjang di dunia. Ingin menempuhnya? Silakan.

9. Menurut Anda, kalau ada jalan yang diklaim sebagai jalan terpendek di dunia, seberapa pendekkah jalan itu seharusnya? Bagaimana kalau panjang jalan itu cuma 2,06 meter atau 6,8 kaki saja? Cukup pendekkah? Dan, apa jalan itu layak disebut sebagai jalan? Praktisnya, kalau sebuah lokasi diberi nama sebagai jalan, ya otomatis lokasi itu adalah sebuah jalan. Dan jalan yang diklaim sebagai jalan terpendek di dunia itu disebut Ebenezer Place. Lokasinya di Skotlandia.

Ebenezer Place
Karena sangat pendeknya jalan ini, maka pantaslah kalau di jalan ini hanya terdapat satu rumah saja, yaitu hotel (Mackays) yang dibangun pada tahun 1883. Dan pemilik bangunan itulah yang menyuruh menuliskan nama jalan yang sangat pendek itu, yang diresmikan pada tahun 1887.

10. Ini adalah jalan yang istimewa. Mengapa istimewa? Apa istimewanya? Karena ini adalah jalan yang secara nyata menentang hukum-hukum fisika. Jalan ini disebut Gravity Hill, dan ada di beberapa tempat di seantero dunia. 

Gravity Hill
Apa sih sebenarnya keistimewaan Gravity Hill ini? Kalau Anda pernah membaca tulisan tentang Jabal Magnet di blog saya ini, itu adalah salah satunya.

Di Gravity Hill ini, kalau Anda memarkirkan mobil dengan tanpa memasang rem tangan, maka Anda akan melihat bahwa mobil Anda akan meluncur mendaki, bukannya menggelincir turun. Mengapa bisa demikian? Itu dikarenakan ilusi optik yang disebabkan oleh lingkungan sekitar. Berminat mengujinya? Wikipedia memiliki daftar dan lokasi Gravity Hill ini di seluruh dunia.