Saturday, November 12, 2011

Mereka yang Melahirkan Internet

SESUNGGUHNYA, internet tidak hanya dirancang oleh atau terlahir dari tangan satu orang maupun satu tim pada satu waktu saja. Sebab, semakin banyak orang yang mencoba untuk menggali dan menggali batas-batas teknologi informasi, maka mereka adalah sebagian besar dari orang-orang yang telah memberikan konstribusi untuk pemahaman dan pengembangan dari apa yang saat ini banyak gunakan, demi untuk mencapai tujuan dan memanfaatkan keuntungannya.

Hari ini, internet sudah menjadi bagian dari kehidupan yang umum dan mudah, tapi sebetulnya ada masa dimana internet menjadi sesuatu yang lemah, tidak begitu berpengaruh, dan hanya segelintir orang saja yang bisa menggunakannya, serta secara sangat terbatas.
Berikut ini adalah orang-orang atau para visioner, penemu, peneliti, dan programmer, yang di masa awal internet, bermimpi besar dalam merintis teknologi, juga program, di balik semua alat operasi standar internet, yang kita pakai hari ini.
Claude Shannon
Ia dikenal sebagai "bapak dari teori informasi modern". Claude Shannon menerbitkan sebuah makalah yang berpengaruh pada tahun 1948, yaitu "Sebuah Teori Matematika Komunikasi" yang memfomalkan studi saluran komunikasi. Dengan membentuk batas pada efisiensi komunikasi, dan menghadirkan tantangan untuk menemukan kode untuk meningkatkan efisiensi, Shannon mengembangkan fondasi dasar yang mendasari Internet. 
Paul Baran
Saat meneliti jaringan komunikasi survivable di RAND Corporation, tahun 1959, Baran mengembangkan dan menggambarkan arsitektur data untuk jaringan komunikasi packet-switched. Gambaran rinci dalam serangkaian makalah dengan judul "On Distributed Communications," belakangan terbukti menjadi dasar umum di belakang arsitektur Internet.
Bob Taylor
Pada akhir tahun 1960, Bob Taylor meyakinkan Departemen Pertahanan AS untuk mengembangkan jaringan komunikasi, yang akhirnya akan menjadi ARPANet, militer prekursor untuk Internet.
Dia menulis sebuah makalah yang berpengaruh, “The Computer as a Communication Device” (Komputer sebagai Alat Komunikasi). Kata pria ini, dunia akan segera dapat berkomunikasi dengan lebih efisien melalui komputer daripada tatap muka. Makalah ini menggambarkan tentang bagaimana internet akan menjadi media komunikasi di masa depan.
Douglas Engelbart
Seorang peneliti di Stanford, Augmentation Research Center, Engelbart adalah simpul kedua pada ARPANet, pada Oktober 1969. Dia mengembangkan Pusat Jaringan Informasi di Stanford, yang kemudian menjadi registry nama domain, atau database daftar setiap website di internet.
Sangat menarik untuk dicatat, bahwa Sergey Brin dan Larry Page, para pengembang Google, juga kuliah di Stanford, 30 tahun kemudian. Engelbart juga menemukan mouse.
Larry Roberts
Sebagai ilmuwan kepala di Kantor Teknik Pengolahan Informasi ARPA, tahun 1966 , dia memimpin pengembangan ARPANet. Dia juga mendirikan Telenet, paket-switched, jaringan pertama penyedia dan prekursor untuk perusahaan seperti Comcast dan Verizon. Telenet sekarang dimiliki oleh Sprint, dan merupakan bagian dari jaringan data mobile. 
Vint Cerf
Seorang legenda di komunitas internet awal, Cerf adalah manajer program ARPA, 1976-1982. Bersama Bob Kahn, dia membantu merancang protokol TCP/IP yang digunakan oleh ARPANet awal dan Internet saat ini, dan ia mendirikan Komuntias Internet Society serta ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers).
ICANN adalah bagian mendasar tentang dari dan bagaimana Internet diatur.
Paul Mockapetris
Bersama dengan Jon Postel, Paul Mockapetris merancang dan mengembangkan DNS, atau arsitektur nama domain.
Ketika Anda mengetik alamat situs web ke dalam kotak pencarian, Anda dapat berterima kasih pada Mockapetris dan Postel, karena merekalah yang telah merancang bagaimana membuat tindakan untuk menemukan situs web yang Anda inginkan.
David Clark
Internet tumbuh pesat antara tahun 1981 dan 1989, dan keputusan yang dibuat kemudian mempengaruhi pada jaringan yang nantinya akan digunakan. Clark adalah arsitek protokol utama untuk Internet selama dia menjabat sebagai ketua Dewan Kegiatan Internet, dan dia memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembentukan peraturan yang mengatur Internet.
Steve Wolff
Sebagai Direktur Divisi Jaringan dan Komunikasi, di National Science Foundation (NSF), pada tahun 1986, Steve Wolff mengelola pengembangan NSFNet, salah satu prekursor untuk internet.
Dia mengonsep dan memimpin Gigabit Testbed, sebuah proyek bersama antara NSF dan Departemen Pertahanan, yang dirancang untuk membuktikan bahwa jaringan bisa beroperasi pada kecepatan gigabit. Keberhasilannya membantu membuka jalan untuk mengubah internet dari jaringan komunikasi secara sempit, berfokus ke internet global yang luas seperti hari ini.
Marc Andreesen dan Eric Bina
Butuh dua pelopor untuk mengembangkan Mosaic, browser Internet pertama. Mereka mengambil semua prestasi pelopor sebelumnya dan menerjemahkannya ke dalam antarmuka dengan grafis yang mudah digunakan. Hal ini berlangsung jauh ke arah mengubah fungsi internet, dari yang sebelumnya internet hanya digunakan oleh ilmuwan berpendidikan tinggi, sehingga kini bisa digunakan oleh orang-orang kebanyakan pada umumnya.
Mereka ini hanyalah beberapa dari banyak pelopor yang membuat internet dimungkinkan untuk berkembang, dan digunakan seperti hari ini. Setiap individu yang mengembangkan cara yang lebih baik dalam transmisi informasi, kecepatan mengatur aliran data, atau meningkatkan kontribusi dalam beberapa cara untuk pengembangan Internet yang kita kenal sekarang ini.