Saturday, November 5, 2011

Awas, Makanan yang Bikin Ngantuk!

MAKAN itu memang penting, terutama sarapan dan makan siang. Karena dengan makan maka kita akan memperoleh energi untuk menunjang aktivitas kita. Hanya saja, hati-hati, karena ada juga makanan yang justru bisa bikin kita jadi mengantuk. Maka dari itu, ada baiknya kita berhati-hati, agar tidak salah memberi sarapan buat anak-anak atau suami, yang justru bisa membuat mereka jadi mengantuk – bukannya bersemangat. Untuk itu, ada baiknya menyimak dan mencatat jenis-jenis makanan berikut ini, yang berpotensi menyebabkan kantuk.

Makanan yang Manis
Memang benar bahwa gula adalah sumber karbohidrat dan dapat meningkatkan energi secara drastis. Namun sayangnya, efek sampingnya kadang bisa membuat kita jadi mengantuk, lemas dan suka menguap. Contoh makanan manis yang bisa bikin mengantuk itu ialah bubur kacang hijau, roti dengan taburan gula, kolak, hingga kue manis lainnya, yang mengandung banyak gula.

Makanan yang Berlemak
Sangat penting untuk kita ketahui bahwa makanan berlemak itu sulit dicerna oleh tubuh, dan prosesnya membutuhkan waktu hingga 6-8 jam. Nah, pada saat proses pencernaan itulah maka reaksi tubuh seringkali menjadikan kita merasa mengantuk.

Makanan yang Rendah Zat Besi
Contoh makanan yang rendah zat besi adalah kerupuk. Jika kita makan kerupuk dan atau jenis makanan ini, maka tubuh kita akan mudah lelah dan tidak bisa mendapatkan zat yang bisa menyuplai energi.


Minuman Berenergi
Umumnya, minuman berenergi mengandung banyak kafein. Nah, pada saat kadar gula di dalam tubuh sudah habis, maka tubuh kita akan jadi lemah dan tidak bertenaga. Itu mengapa minuman berenergi seringkali dibilang membuat kecanduan.

Anggur merah
Minuman beralkohol jenis red wine memang sudah terbukti bisa bikin tubuh melemah dan mengantuk. Anda pasti sudah pernah melihat dan tahu bahwa orang mabuk suka mengantuk dan tak sadarkan diri.